Penimbangan berat badan dan pengukuran performance ternak

CARA MENGUKUR BOBOT BADAN TERNAK TANPA MENGGUNAKAN ALAT TIMBANG

Sapi dengan skor tubuh 3iga pendek sulit untuk dirasakan, pangkal ekor mulai gemuk, dan kantong pelir sudah mulai terisi.

Penafsiran berat badan sangat penting dilakukan oleh para pemilik ternak untuk mengetahui bobot tubuh ternak.

Apabila setiap kali harus selalu dilakukan penimbangan, hal ini dirasa kurang praktis di samping timbangan itu jumlahnya terbatas. Lebar dada, jarak terbesar pada yang diukur tepat dibelakang antara kedua benjolan siku luar, yaitu tepat pada tempat mengukur lingkar dada.

Lingkar mulut, lingkar moncong. Cara penafsiran yang merupakan cara untuk mengetahui berat badan ternak adalah penimbangan. Untuk melakukan penilaian terhadap hasil karkas, perlu dipelajari dan diketahui terlebih dahulu tentang pembagian karkas Sapi. Nah untuk mencari volume tabung, harus diketahui luas, alas dan tinggi.

Ukuran-ukuran linear tubuh merupakan suatu ukuran dari bagian tubuh ternak yang pertambahannya satu sama lain saling berhubungan secara linear.

Berdasarkan lamanya pemeliharaan atau selisih waktu penimbangan hari.

Penafsiran umur ini dapat dilihat menggunakan metode pengamatan pada pergantian dan keterasahan gigi seri, wawancara dengan pemillik ternak, recording, mengamati saat jatuhnya tali pusar, dan munculnya cincin tanduk serta melihat pertumbuhan bulu dan tingkah lakunya.

Tinggi Pundak, tinggi gumba ialah jarak tegak lurus dari titik tertinggi pundak sampai ketanah atau lantai, alat yang digunakan adalah tongkat ukur. Untuk menghitung besarnya pertumbuhan berat badan harian di PT.

Lebar kepala, jarak terbesar antara kedua lengkungan tulang mata sebelah atas luar kiri dan kanan 4. Menurut Parakkasiternak yang masih muda membutuhkan lebih sedikit makanan dibandingkan ternak yang lebih tua untuk setiap unit pertambahan bobot badan.

Bangsa sapi yang digemukkan di PT. Karena itu, pertumbuhan organ-organ tertentu berkorelasi dengan berat badan. Melalui berbagai percobaan, para ahli akhirnya menemukan rumus untuk menghitung bobot ternak.

Sebab-sebabnya antara lain: Latar Belakang Pengetahuan tentang umur pada suatu peternakan sapi mempunyai arti penting, karena berhubungan dengan biaya dan waktu hewan tersebut masih bisa dipelihara. Lingkar flank.

Pastikan bandul geser berada pada angka nol.

PENDUGAAN BOBOT BADAN TERNAK DENGAN BERBAGAI MACAM RUMUS

Timbangan digital terdiri dari dua peralatan yang sangat penting, yaitu: Cara ini merupakan cara lain untuk mengetahui berat badan ternak selain penimbangan berat badan. Lebar pinggul, jarak antara tuber coxae pada sisi kiri dan kanan. Tinggi pangkal ekor ialah jarak tegak lurus dari titik pangkal ekor, sampai ke tanah.

Potensi pertumbuhan dalam periode ini dipengaruhi oleh faktor bangsa, heterosis hybrid vigour dan jenis kelamin. Adapun panjang badan bisa diukur mulai dari bahu hingga penonjolan tulang duduk.

Weigh indicator atau display ,yang berfungsi untuk menterjemahkan regangan yang te rjadi pada loadcell dan mengubahnya menjadi nilai berat Menimbang benda hidup seperti ternak tentunya berbeda dengan penimbangan benda mati.

Menghitung berat ternak sapi yang akan dijual Secara umum timbangan dikategorikan dalam 2 sistem, yaitu: Berikan tali pengaman pada batang dacin agar tidak menciderai pengukur saat melakukan penimbangan.

Menghitung berat bibit sapi 2.Pendugaan berat badan sangat penting dilakukan oleh para pemilik ternak untuk mengetahui bobot tubuh ternak.

Cara ini merupakan cara lain untuk mengetahui berat badan ternak selain penimbangan berat badan. Average Daily Gain (ADG) atau rata-rata pertambahan berat badan harian ternak adalah besarnya pertambahan berat badan yang dipengaruhi oleh besarnya selisih antara berat badan awal dan berat badan Author: Evaluasi Performa Produksi Susu Sapi Perah.

Tilik ternak digunakan salah satunya untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan tubuh dan untuk menentukan pekiraan bobot (berat) badan suatu ternak tersebut.

dalam hal ini tilik ternak pada sapi dilakukan dengan cara mengukur bagian – bagian tertentu pada tubuh sapi tersebut. Pengukuran berat badan bayi dapat dilakukan dengan menggunakan Baby Scale. Adapun cara pengukurannya yaitu sebagai berikut: Letakkan alat pada permukaan yang rata/bidang datar.

Ø Melakukan pengukuran yang tepat pada saat pengukuran panjang badan dan lingkar dada, untuk menduga berat ternak sapi. Ø Peternak yang mau membeli sapi, sebaiknya melihat cirri-ciri eksterior sapi terlebih dahulu dengan tujuan kemampuan produksi sapi.

Cara ini merupakan cara lain untuk mengetahui berat badan ternak selain penimbangan berat badan. Apabila setiap kali harus selalu dilakukan penimbangan, hal ini dirasa kurang praktis di samping timbangan itu jumlahnya terbatas.(Hasnudi. ).

Penimbangan berat badan dan pengukuran performance ternak
Rated 4/5 based on 39 review